APA ITU PORTOFOLIO DALAM INVESTASI ?

Apa sebenarnya portofolio itu dalam investasi? Portofolio adalah kumpulan instrumen investasi yang jumlah minimum sebanyak dua instrumen investasi.

Bila investor memiliki portofolio dalam properti seperti ruko, rumah, atau resort sudah merupakan portofolio. Bila investor memiliki jumlah saham minimum dan dua saham, maka tindakan itu termasuk portofolio. Investor tidak perlu memikirkan apakah harus sama jenis atau beda jenis.

Investor yang memiliki deposito di beberapa bank atau di satu bank dengan beberapa jenis sudah termasuk portofolio. Bila investor mempunyai deposito dibuat menjadi deposito berdasarkan waktu satu bulan, tiga bulan dan selanjutnya, maka deposito tersebut sudah termasuk portofolio deposito. Lebih menarik lagi investor bisa membuat portofolio deposito berdasarkan penempatan pada berbagai bank.

Investor yang melakukan portofolio mempunyai tujuan meminimalisasi risiko investasi yang biasa juga disebut diversivikasi. Diversifikasi adalah strategi penempatan dana investasi ke instrumen yang berbeda-beda. Seperti halnya jika kita menaruh portofolio kita sebagian dalam bentuk unit saham dan sebagian portofolio kita dalam bentuk emas atau reksa dana pasar uang ataupun properti. Hal ini dimaksudkan bila terjadi penurunan pada satu instrumen maka masih ada instrumen yang lain mengalami kenaikan. Jika portofolio di antara instrumen investasi, maka investor memiliki portofolio instrumen investasi.

Leave a Reply